Jelajah Pulau Onrust, Cipir dan Kelor

Jelajah Pulau Onrust, Cipir dan Kelor

halooo guysss apa kabar hari ini? mudah-mudahan baik yahh amin.. sebelum kita bahas tentang liburan di Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor  admin mau ngajak temen-temen mengenal lebih dekat tentang Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor terlebih dahulu yach hehehe. Admin akan bahas mulai dari sisi sejarahnya nih guyss..

Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor merupakan 3 pulau bersejarah di Kepulauan Seribu DKI Jakarta, pada masa kolonial Belanda masyarakat sekitar menyebut pulau ini dengan Pulau Kapal karena di pulau ini sering sekali dikunjungi kapal-kapal Belanda sebelum menuju Batavia. Di dalam pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan juga sebuah rumah yang masih utuh dan dijadikan Museum Pulau Onrust. Nama ‘Onrust’ sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti ‘Tidak Pernah Beristirahat’ atau dalam bahasa Inggrisnya adalah ‘Unrest‘. Ada sumber lain yg mengatakan bahwa nama Onrust tersebut diambil dari nama penghuni pulau yang masih keturunan bangsawan Belanda, yaitu Baas Onrust Cornelis van der Walck.

 

okayyy guys itulah sedikit penggambaran tentang Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor, semoga bisa membantu kamu dalam menentukan pilihan liburan.. Nah sekarang Admin akan membahas tentang program liburan 1 hari di Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor.

Jam 08:00 wib Berkumpul di Dermaga Muara Kamal

kamu sudah tau belum, dermaga Muara Kamal itu dimana?? nah klo belum tau, nih mimin kasih tau yah. Dermaga Kamal Muara terletak di wilayah Penjaringan – Jakarta Utara, namun lebih tepatnya berbatasan dengan wilayah Jakarta Barat. Di Dermaga Kamal Muara ada dua lokasi yang di jadikan titik kumpul yang pertama adalah Tempat Pelelangan Ikan Kamal atau yang biasa di sebut TPI Kamal atau juga Gedung Biru, lalu yang kedua adalah Masjid Nurul Bahar yang berada tidak jauh dari TPI Kamal..

 

Jalan-Jalan di Pulau Kelor

Pulau Kelor yang memiliki Benteng Martello merupakan pulau kecil dengan pasir putih yang mengelilingi pulau ini, Pulau Kelor sangat indah loh gaes, disini cocok banget buat kamu berfoto ria dan instagrmbel banget pastinya.

 

Jalan-Jalan ke Pulau Onrust

guys di Pulau Onrust terdapat sebuah museum sejarah tentang masa kolonial belanda lohh, nah di pulau ini kamu bisa banyak banget belajar tentang sejarah pasa saat masa kolonial Belanda..

 

Jalan-Jalan ke Pulau Cipir

Destinasi jalan-jalan yang terakhir adalah Pulau Cipir. di Pulau Cipir kamu bisa berenang-renang dan juga menikmati matahari tenggelam guys…

setelah semuanya selesai pada jam 17:30 kembali menuju Dermaga Muara Kamal, tripp selesai, sayonaraa..

 

Pulau Pari

Pulau Pari

halooo guysss apa kabar hari ini? mudah-mudahan baik yahh amin.. sebelum kita bahas tentang liburan di Pulau Pari, admin mau ngajak temen-temen mengenal lebih dekat tentang Pulau Pari terlebih dahulu yach hehehe. Admin akan bahas mulai dari sisi geografinya yah..

Pulau Pari berada di tengah gugusan pulau yang berderet dari selatan ke utara perairan Jakarta, nah jarak tempuh ke pulau ini terbilang cukup dekat, jika kamu berlayar dengan kapal cepat dari Marina Ancol menuju ke Pulau Pari hanya memerlukan kawatu sekitar 45 menit, sedangkan jika kamu berlayar dari Muara Angke (dermaga kali adem) menuju ke Pulau Pari memerlukan waktu 2 jam perjalanan.

Pulau Pari juga termasuk pulau yang kecil di Kepulaun Seribu, dengan segala keindahannya menjadikan pulau ini sangat diminati oleh para wisatawan. Pulau Pari sangat terkenal dengan keindahan pantainya yang membentang luas dan berpasir putih, bentuk pantainya pun sangat indah dan unik, bahkan pantai di Pulau Pari pun sangat nyaman untuk bermain anak-anak.

 

okayyy guys itulah sedikit penggambaran tentang Pulau Pari, semoga bisa membantu kamu dalam menentukan pilihan liburan.. Nah sekarang Admin akan membahas tentang program liburan 1 hari di Pulau Pari.

jam 07:00 wib berkumpul di Marina Ancol dermaga 17

guys buat kalian yang belum tau dimana dermaga 17, nih Admin kasih tau rutenya ya dari pintu utama masuk Ancol. Pertama kalian masuk gerbang utama Ancol dulu guys, biayanya untuk orang Rp 25.000, motor Rp 15.000 dan mobil Rp 25.000. nah dari gerbang utama kalian lurus ikutin jalan sampai ketemu persimpangan, nah temen-temen ambil belok kanan, setelah belok kanan temen-temen tinggal ikutin jalan aja, gak jauh dari situ ketemu deh dermaga 17 Marina Ancol…

 

08:00 Berlayar menuju Pulau Pari

sesampainya di dermaga 17, kamu akan dijemput oleh tim yang bertugas, untuk diarahkan menuju speedboat yang menuju Pulau Pari. Perjalanan dari Marina Ancol menuju Pulau Pari sekitar 45 menitan gaess, jadi gak terlalu lama yah, karena memang berlayar menggunakan kapal cepat (speedboat) menjadika jarak tempuh tidak terlalu lama dan speedboatnya pun sangat nyaman dan aman gaess..

 

Tiba di Dermaga Pulau Pari

Selamat datang di Pulau Pari.. Pulau kecil yang indah dengan masyarakat yang ramah..

 

Bersepedah mengelilingi Pulau

tau gak sih gaess, bersepedah di Pulau Pari tuh seru banget, kalian akan menggowes sepedah di pinggir pantai dengan angin sepoi-sepoi, lalu mengelilingi Pulau yang banyak pohonan hijau dan melihat interaksi masyarakat Pulau Pari… wuuuu asyikk pisann euyy hihihi

 

Menikmati Pesona Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan adalah icon Pulau Pari gaess, pantai yang sangat indah mempesona, berpasir putih dan membentang sangat luas, menjadikan pantai ini menjadi spot yang sangat disukai oleh para wisatawan. buat kamu yang suka berfoto riaa, pantai Pasir Perawan merupakan spot yang instagrambel banget.. di pantai ini juga kamu bisa bermain banyak water sport lohh, seperti bercano dan bersampan ria mengelilingi hutan bakau..

 

Makan Siang

klo lagi asyik liburan jangan lupa makan yah gaess hahaha, menu makan dihidangkan adalah makanan khas pulau, jadi kamu bisa ngerasin tuh masakan yang di masak langsung oleh penduduk Pulau Pari.. weenakk guyss ..

 

Snorkeling Time

udah siappp nyeburr?? hihihi … guyss aktifitas snorkeling merupan aktifitas yang ditunggu-tunggu para wisatawan, ketika snorkeling kamu bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Pari, melihat karang yang warna-warni, ikan-ikan hias yang ngegemesyinn dan juga kamu bisa berfoto sepuasnya di bawah laut. Nah aktifitas snorkeling ini juga sangat aman yah gaes, karena kamu akan didampingi oleh guide atau pemandu yang sudah sangat berpengalaman. Jadi buat yang ga bisa berenang juga jangan khawatir yah, karena aktifitas kamu dalam bersnorkeling akan didampingi dengan baik dan professional.

 

Nah itu dia rangkaian aktifitas yang bisa kamu lakukan saat berlibur di Pulau Pari selama 1 hari, saat jam 15:00 wib, kamu akan di jemput oleh speedboat untuk kembali ke dermaga Marina Ancol.. sayonaraa guyss…

Pulau Ayer Resort

Pulau Ayer Resort

haloo gaess… apakabar hari ini?? mudah-mudahan baik yah amin…

nah sebelum admin membahas tentang Liburan 1 hari di Pulau Ayer, admin mau kasih tau dulu nih sekilas tentang Pulau Ayer Resort..

Pulau Ayer Resort dikenal sebagai Mutiara Kepulauan Seribu, Pulau Ayer terletak hanya 14 km dari lepas Pantai Marina Ancol. Pulau Ayer terkenal sebagai surga tropis dengan sisi historis. Dari sekian banyak gugusan pulau, Pulau Ayer dikenal sebagai Mutiara Kepulauan Seribu yang kaya akan flora, termasuk berbagai pohon besar berusia ratusan tahun. Jajaran pohon kelapa, pantai pasir putih dan gugusan pondok apung: inilah mutiara surga tropis. Konon katanya nama Ayer berasal dari para nelayan yang menemukan dua sumber mata air di pulau Ayer. Mata air tersebut masih ada hingga kini, berada di dekat kolam renang pulau. Sebelum resmi dibuka untuk wisata tahun 1950, Pulau Ayer merupakan tempat peristirahatan tropis Presiden Soekarno, yang menempati bungalow Cendrawasih 4. Presiden Soekarno juga mengundang Josip Broz Tito, mantan presiden Yugoslavia, dan U Thant, yang merupakan Sekjen PBB pada waktu itu. Peristiwa-peristiwa historis ini terjadi pada masa Pembebasan Papua Barat, menjadikan banyak bangunan dan dekorasi Pulau Ayer memiliki tema & nuansa Papua.

okayyy itu dia sedikit tentang Pulau Ayer Resort, sekarang mari kita bahas tentang program liburan 1 hari di Pulau Ayer Resort..

 

07:00 wib berkumpul di dermaga 16 Marina Ancol Jakarta

guys buat kalian yang belum tau dimana dermaga 16, nih Admin kasih tau rutenya ya dari pintu utama masuk Ancol. Pertama kalian masuk gerbang utama Ancol dulu guys, biayanya untuk orang Rp 25.000, motor Rp 15.000 dan mobil Rp 25.000. nah dari gerbang utama kalian lurus ikutin jalan sampai ketemu persimpangan, nah temen-temen ambil belok kanan, setelah belok kanan temen-temen tinggal ikutin jalan aja, gak jauh dari situ ketemu deh dermaga 16 Marina Ancol…

 

08:00 Berlayar menuju Pulau Ayer Resort

sesampainya di dermaga 16, kamu akan dijemput oleh tim yang bertugas, untuk diarahkan menuju speedboat yang menuju Pulau Ayer. Perjalanan dari Marina Ancol menuju Pulau Ayer Resort sekitar 25-30 menitan gaess, jadi gak terlalu lama yah, karena Pulau Ayer Resort sendiri memang tidak terlalu jauh dari Marina Ancol..

 

Tiba di Pulau Ayer Resort

setelah sampai di Pulau Ayer Resort, anda akan disambut tim yang bertugas dan diarahkan menuju front office untuk informasi tentang Pulau Ayer Resort

 

Pantai Pulau Ayer Resort

Pulau Ayer Resort memiliki pantai yang indah loh gaess, di pantai kamu bisa ngapain aja sebebas kamu deh pkoknya hihihi

 

Restoran Pulau Ayer

nahh kamu akan makan siang disini gaess, tempatnya romans banget yah huhuhu

 

Kolam Renang Pulau Ayer

Kolam Renang terletak di sebelah pantai dan restoran. Bayangkan bersantai di samping kolam renang di bawah langit biru dan Anda bisa memesan minuman favorit dari restoran. Kolam Renang terletak di sebelah pantai dan restoran. Bayangkan bersantai di samping kolam renang di bawah langit biru dan Anda bisa memesan minuman favorit dari restoran.

 

Cottage Pulau Ayer Resort

ini loh yang menjadi icon dari Pulau Ayer Resort, yaitu Floating cottage. nah cottage ini khusus untuk yang menginap ya gaess, tapi tenang buat kamu yang liburan hanya 1 hari di Pulau Ayer, seenggaknya kamu bisa ambil foto-foto yang instagrambel banget disini hihihi

 

Water Sport Pulau Ayer Resort

Banyak sekali water Sport yang tersedia di Pulau Ayer Resort, diantaranya ada canoe, Jetski, banana boat dan lain-lain. nah dengan adanya water sport tentunya akan membuat liburan kamu semakin seruu dan berkesan hehehe

 

Tempat Bermain di Pulau Ayer Resort

Pulau Ayer Resort merupakan pulau yang sangat nyaman loh gaess, karena banyak tempat yang dapat dijadikan sebagai wahana untuk bermain dengan keluarga dan teman.

children Playground

Basket Ball Court

Jogging Track

Billiard

Fun Bike

Volley Ball

 

okay gaes itulah aktivitas yang dapat kamu lakukan ketika berlibur dalam 1 hari di pulau Ayer Resort, nah penjemputan kembali menuju Marina Ancol ada di jam 16:00 wib.

 

Pulau Bidadari Resort

Pulau Bidadari Resort

halooo guysss apa kabar hari ini? mudah-mudahan baik yahh amin.. sebelum kita bahas tentang liburan di Pulau Bidadari Resort, admin mau ngajak temen-temen mengenal lebih dekat tentang Pulau Bidadari Resort terlebih dahulu yach hehehe. Admin akan bahas mulai dari segi sejarahnya nih gaes.

Sebelum bernama Pulau Bidadari Resort, pulau ini memiliki dua nama yaitu Pulau Sakit dan Pulau Purmerend.

Pada abad ke-17, pulau ini merupakan penunjang aktivitas Pulau Onrust karena letaknya yang tidak berjauhan dengannya. Karena menjadi penunjang, di pulau ini dibangun pula sarana-sarana penunjang. Pada tahun 1679, VOC membangun sebuah rumah sakit lepra atau kusta yang merupakan pindahan dari Angke. Karena itulah, pulau ini sempat dinamakan Pulau Sakit.

Saat bersamaan, Belanda mendirikan benteng pengawas. Benteng yang dibangun ini lebih berfungsi sebagai sarana pengawasan untuk melakukan pertahanan dari serangan musuh. Sebelum pulau ini diduduki oleh Belanda, orang Ambon dan Belanda pernah tinggal di pulau ini.

Sekitar tahun 1800, armada laut Britania Raya menyerang pulau ini dan menghancurkan bangunan di atas pulau ini. Sekitar tahun 1803 Belanda yang kembali menguasai Pulau Bidadari dan membangunnya kembali. Akan tetapi Britania kembali menyerang tahun 1806, Pulau Onrust dan Pulau Bidadari serta pulau lainnya hancur berantakan. Tahun 1827 pulau ini kembali dibangun oleh Belanda dengan melibatkan pekerja orang Tionghoa dan tahanan. Bangunan yang dibangun adalah asrama haji yang berfungsi hingga tahun 1993.

Pulau ini sebelum menjadi resor sempat kosong dan tidak berpenghuni sampai dengan tahun 1970. Bahkan pulau ini tidak pernah dikunjungi orang. Pada awal tahun 1970-an, PT Seabreez mengelola pulau ini untuk dijadikan sebagai resor wisata.

Semenjak tahun 1970 ini, untuk menarik pengunjung, pulau ini berganti nama menjadi Pulau Bidadari. Alasan pengambilan nama menjadi Pulau Bidadari diilhami dari nama pulau lainnya di Kepulauan Seribu DKI Jakarta seperti Pulau Putri, Pulau Nirwana dan lainnya.

nah itulah sekilas tentang sejarah Pulau Bidadari Resort, mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan temen-temen semua yah tentang Pulau ini..

okay sekarang admin akan membahas tentang program liburan di Pulau Bidadari Resort..

09:00 wib berkumpul di dermaga 15 Marina Ancol Jakarta

gerbang utama Marina Ancol, dari pintu masuk ini lurus terus ikuti jalan, lalu nanti ada persimpangan belok kanan, nah dari situ tinggal ikuti jalan menuju dermaga 15 Marina Ancol. untuk tarif masuknya perorang biayanya Rp 25.000, motor Rp 15.000 dan Mobil 25.000

 

10:00 wib berlayar menuju Pulau Bidadari Resort

berlayar menggunakan speedboat menuju Pulau Bidadari Resort hanya memerlukan waktu sekitar 15-20 menit. Fasilitas yang ada didalam speedboat mulai dari AC, bangku sofa, TV dan kamar mandi. Dijamin nyaman gaesss hihihi

 

Dermaga Pulau Bidadari Resort

taraaaa selamat datang di Pulau Bidadari Resort… sesampainya di dermaga, teman-teman langsung disambut hangat oleh tim yang bertugas..

 

Gambir Cafe & Resto

Kenalin, yang ini namanya Gambir Cafe & Resto, menyajikan berbagai hidangan nan lezat dan menggoyang lidah, pastinya bakalan kangen terus sama rasa makanannya. Ngga hanya itu, di Gambir Cafe & Resto terdapat fasilitas Infinity Pool yang dapat digunakan seluruh tamu Pulau Bidadari Resort sepanjang waktu selama berada disana. Soal kenyamanannya, jangan diragukan lagi, pemandangan lautnya memanjakan mata. sambil berenang liat lalu lintas boat yang melintas.

 

cottages di Pulau Bidadari Resort

gaess kalian udah pada tau belum cottages di Pulau Bidadari Resort? nah ini dia cottage-cottage yang tersedia di Pulau Bidadari Resort.

petunjuk arah

Petjenongan cottage

Tjikenie Cottage

Tjondet Cottage

Menteng Cottage

Senajan Cottage

Pulau Bidadari Resort memiliki 43 cottages dengan konsep Betawi Style, Pecinan Style, Batavia Style serta Western Style. selain itu penamaannya ternyata mengambil nama-nama wilayah di Jakarta lho. bukan hanya itu gaess, cottage-cottage ini juga cucok buanget buat dijadikan tempat berfoto riaa hehehe

 

Benteng Martello

Tau ga si guys, Pulau bidadari Resort juga memiliki peninggalan sejarah loh, inilah dia Benteng Martello salah satu situs bersejarah peninggalan Belanda yang berada di Pulau Bidadari Resort

disini menjadi spot yang favorit untuk dipelajari dan diabadikan, so jangan sampe kelewatan yaa ketika berwisata di Pulau Bidadari Resort hikss hikss

 

Water Sport

gaesss di Pulau Bidadari Resort terdapat banyak syekalii water sport yang bisa kita mainkan lohh, seruuu bangetkan..

dengan banyaknya permainan yang bisa kita mainkan di Pulau Bidadari Resort, membuat liburan kita semakin berkesan dan takterlupakan tentunya hehehe

Nahh itulah tadi aktivitas liburan One Day Trip yang bisa kita nikmati bersama keluarga dan teman di Pulau Bidadari Resort. jam 18:00 wib, anda akan dijemput oleh speedboat yang akan mengantarkan kembali ke dermaga 15 Marina Ancol.