pulau pari – pantaimu terbentang begitu indah

pulau pari – pantaimu terbentang begitu indah

haloo gaess hayy hayy wooo, disini kita akan mengulas tentang wisata di Pulau Pari hiks.. hiks..

weekend atau weekday para wisatawan yg ingin berlibur ke pulau pari harus/kudu/wajib berkumpul di tempat meeting poin jam 07.00 wib, kenapa wajib? karena jalur pelayaran kapal di pulau seribu umumnya dan pulau pari khususnya hanya ada 1 kali yaitu di jam 08.00 wib, nah itulah alasannya kita harus kumpul di jam 07.00 wib. untuk tempat meeting poinnya sendiri, terbagi 2 tempat nih gaes, dimana 2 tempat ini menjadi dermaga penyebrangan kapal-kapal jurusan pulau seribu, hehe “jurusan” udah kayak bus aja yah wkwk. dimana sih tempatnya? nah tempat meeting poin yang pertama adalah dermaga kali adem. dermaga kali adem ini berada di lingkungan muara angke jakarta utara, dekat dengan PIK (pantai indah kapuk) dan dekat juga dengan daerah pluit gaes. di dermaga kali adem ini menyediakan kapal-kapal penyebrangan ferry tradisional gaes, kapal-kapal ferry tradisional ini cukup besar loh, biasanya bisa menampung sekitar 150 wisatawan dalam 1 kapal, nah untuk penjelasan lebih spesifik tentang dermaga kali adem, sahabat pulauseributours.com bisa baca artikel ini yah “yang kepo dermaga kali adem silahkan masuk”. okey dermaga yang ke 2 adalah dermaga marina ancol, dermaga ini berada di dalam kawasan ancol jakarta utara, sekilas tentang dermaga marina ancol, dermaga ini menyediakan kapal-kapal cepat (speedboat) untuk berlayar ke pulau pari. klo mau tau lebih spesifik tentang dermaga marina ancol, kalian bisa. klik disini “marina ancol berlayar dengan speedboat”.

okey kita lanjut yah gaes, setelah berkumpul ditempat meeting poin, para wisatawan akan langsung berlayar menuju pulau pari. pemandangan laut biru akan terlihat disepanjang pelayaran, bahkan kalau beruntung kita bisa melihat lumba-lumba liar loh gaes, karena faktanya di laut pulau pari ada beberapa kawanan lumba-lumba yang hidup gaes. kurang lebih 2 jam kita sudah sampai di Pulau Pari gaes, jika kita berangkat dari dermaga kali adem. tapi kalo berangkat dari dermaga marina ancol, hanya butuh waktu 45 menit kita sudah sampai di Pulau Pari, waaahhh cepet banget kan kalo naik speedboat hehehe.

setelah sampai di pulau pari, para wisatawan akan dijemput oleh tim pulauseributours.com dan langsung diarahkan ke homestay/penginapan untuk chek in. foto-foto homestay pulau pari bisa dilihat disini “homestay/penginapan di pulau pari”. setelah chek in homestay, tim pulauseributours.com akan membawakan makan siang untuk para wisatawan. makan siangnya makanan khas pulau yah gaes, seperti sayur sop atau sayur asem, sambal dan ikan laut segarrr pkoknya wenak tenann 🤤

setelah makan siang dan leha-leha sejenak, para wisatawan akan bersiap-siap untuk snorkeling di pulau pari, kegiatan snorkeling ini dibimbing langsung oleh tim kami yang sudah berpengalaman yah gaes, jadi anak kecil sampai dengan orang tua bisa ikut snorkeling di pulau pari. nah saat snorkeling para wisatawan akan di sambut oleh terumbu karang yang warna-warni serta ikan-ikan laut yang lucu-lucu gaes. kita juga bisa ngasih makan mereka gaes, seruu banget loh ngeliat ikan-ikan itu kumpul dan berenang bareng kita. sambil snorkeling, tim pulauseributours akan menfoto-foto para wisatawan gaes. sehingga para wisatawan bisa mengabadikan kenangannya saat bersnorkeling riaa. setelah puas bersnorkeling, saatnya para wisatawan bermain ke salah satu pantai terbaik di Pulau Pari yaitu Pantai Pasir Perawan. pantai yang sangat indah dan terhampar luas, pasirnya yang putih dan air yang tenang sangat memanjakan mata para wisatawan yang ada. di pantai ini terdapat gazebo/saung-saung kecil untuk bersantai bersama teman/keluarga, terdapat lapangan voli, di sebelah kanan pantai terdapat tempat khusus untuk camping, di pinggir pantai terdapat beberapa ayunan untuk foto atau bersantai dan disebelah kiri pantai terdapat perahu kecil/sampan yang bisa digunakan wisatawan untuk mengelilingi pantai pasir perawan. pantai ini cantik banget gaes, dan tentunya pantai ini telah menjadi icon khusus di pulau pari.

sehabis asik main dan berfoto-foto riaa di pantai, para wisatawan akan bersepedah sore mengelilingi pulau pari. nah saat bersepedah ini adalah waktu yang tepat untuk kita melihat kehidupan masyarakat di pulau pari, para wisatawan biasanya bercengkrama dengan masyarakat sekitar, saling berkenalan dan berbagi bercerita tentang kehidupannya masing-masing.

azan magrib berkumandang, tim pulauseributours.com akan mengantar para wisatawan ke penginapan/homestay untuk istirahat dan bersih-bersih dan bagi wisatawan yang ingin mendirikan shalat magrib, tim kami akan mengantar ke masjid/mushola pulau pari.

sehabis bersih-bersih dan istirahat para wisatawan akan disajikan makan malam yang dibawakan oleh tim kami ke homestay/penginapan. makan malamnya juga weenak loh gaes, biasanya menu makan malamnya adalah ayam goreng atau dengan bumbu lain, sambal dan sayur.

it’s okayy jalan-jalan syudahh, makan juga syudahh dann sekarang adalah waktunya Q-Time (qualiti time) buat para wisatawan. sambil barbeque di pantai dan menikmati suasana malam di pantai, para wisatawan bisa saling bercengkrama satu dengan yang lain, sehingga suasana keakraban akan semakin terbangun dan waktu ini adalah waktu yang paling tepat buat curcol (curhat colongan) ahahayy.
waktu sudah semakin malam dan angin biasanya menjadi semakin kencang, para wisatawanpun kembali ke penginapan untuk istirahat dan menjutkan aktivitas liburannya esok hari.

azan subuh berkumandang, para wisatawan muslim bergegas menuju masjid untuk menegakkan shalat subuh berjama’ah, selepas subuh para wisatawan bersiap untuk menyambut sunrise (matahari terbit). dengan bersepedah mereka menuju bukit matahari, yaitu tempat favorit dimana mentari terlihat jelas ketika terbit. menikmati sunrise itu nikmat sekali loh gaes, seperti teduhhh bangett nih hati hehehe. setelah sunrise para wisatawan akan kembali ke homestay untuk sarapan pagi, mandi dan beres-beres untuk persiapan chek out. oh iya untuk waktu chek out homestay adalah jam 10:00 wib, karena kapal penyebrangan dari pulau pari yang menuju dermaga kali adem akan berlayar pada jam 11:00 wib.
setelah semuanya beres, tim pulauseributour.com akan menjemput wisatawan di homestay untuk menuju dermaga pulau pari, sekaligus perpisahan dan meminta maaf pada para wisatawan, jika ada pelayanan yg masih kurang maksimal. jam 11:00 wib, kapal menuju dermaga kali adem dan tiba di dermaga kali adem pada jam 13:00 wib.
liburan selesai, sampai bertemu lagi di liburan selanjutnya..
sayonara gaess