Pulau Tidung

Pulau Tidung

halooo guysss apa kabar hari ini? mudah-mudahan baik yahh amin.. sebelum kita bahas tentang liburan di Pulau Tidung, admin mau ngajak temen-temen mengenal lebih dekat tentang Pulau Tidung terlebih dahulu yach hehehe. Admin akan bahas mulai dari sisi geografinya..

Pulau Tidung termasuk dalam wilayah Kepulauan Seribu Selatan, Jika kamu menuju Pulau Tidung via Muara Angke, jarak tempuh perjalanan sekitar 2,5 jam. Sedangkan jika kamu menuju Pulau Tidung via Marina Ancol menggunakan speedboat (kapal cepat) jarak tempuh menuju Pulau Tidung hanya sekitar 1 jam saja. Pulau Tidung terbagi menjadi 2 pulau yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini disatukan dengan sebuah jembatan yang sangat melegenda di Kepulauan Seribu, jembatan itu bernama Jembatan Cinta. Jembatan Cinta merupakan jembatan yang sangat panjang sehingga bisa menyatukan ke 2 pulau tersebut. Selain Panjanganya jembatan ini, jembatan cinta juga merupakan jembatan yang sangat indah, sehingga jembatan ini menjadi Icon atau khas dari Pulau Tidung.

Sejarah Pulau Tidung

Sejarah pulau Tidung yang menarik ternyata sangat berkaitan erat dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan kolonial Belanda. Pulau ini diberi nama sama dengan nama seorang Raja yang dibuang dan diasingkan oleh pemerintah kolonial Belanda yang sangat marah karena raja suku Tidung tidak mau bekerja sama dengan mereka. Sejarah ini sangat melekat dalam sanubari penduduk pulau Tidung dan menjadi suatu kebanggaan karena nama pulau yang mereka tempati berasal dari nama seorang pahlawan bangsa yang namanya menjadi suatu sejarah yang harum bagi bangsa Indonesia. Sejarah pulau Tidung berawal dari sebuah kerajaan di daerah Malinau, Kalimantan Timur. Suku Tidung di Malinau sudah ada sejak tahun tahun 1076 – 1156. Pada tahun itu, kerajaan tersebut dikenal sebagai kerajaan Tidung kuno. Pada tahun 1557 inilah pertama kali pemerintah kolonial Belanda datang ke Malinau. Dan pada saat itu pemerintah kolonial Belanda mendapat perlawanan berat terutama dari kerajaan Suku Tidung. Penjajah Belanda perlahan-lahan berhasil menguasai daerah sekitar Malinau dan mengepung kerajaan Tidung. Karena semakin terdesak, raja Tidung yang memiliki nama Raja Pandhita akhirnya ditangkap oleh pemerintah kolonial Belanda. Dan dia diasingkan ke pulau terpencil di daerah utara kota Jepara. Dari pulau ini, Raja Pandhita yang dikenal dengan sebutan raja Tidung melarikan diri ke sebuah pulau kecil di kepulauan Seribu. Saat itu, pulau kecil ini belum bernama. Masyarakat asli pulau kecil ini memanggil Raja Tidung dengan panggilan “Kaca”. Dan hal yang sangat menarik, “Kaca” sangat dihormati oleh warga pulau kecil ini karena suka menolong dan berbagi ilmunya kepada masyarakat. Warga pulau ini tidak mengetahui jika “Kaca” adalah seorang raja terkenal di suku Tidung. Hingga beliau meninggal dan dimakamkan di pulau Tidung ini. Beberapa saat kemudian keluarga kerajaan Tidung datang mencari raja Pandhita. Dan saat itulah diketahui oleh warga Tidung bahwa “Kaca” adalah seorang raja terkenal dari Malinau. Dan karena ingin menghormati dan mengucapkan terima kasih atas jasa beliau, maka pulau kecil ini dinamakan sebagai pulau Tidung. Pulau yang sangat menghormati seorang raja dari suku Tidung, Malinau, Kalimantan Timur. Sampai saat ini, makam raja Tidung masih terjaga kebersihannya di tengah pulau Tidung. Masyarakat sangat bangga karena pulaunya menjadi bagian sejarah kerajaan besar yaitu kerajaan Tidung.

 

Okeyy Gaess itulah sedikit informasi tentang Pulau Tidung, mudah-mudahan bisa bermanfaat yah hehe.. sekarang mari kita bahas tentang program liburan di Pulau Tidung selama 2 hari 1 malam

07:00 WIB Berkumpul di Tempat Meeting Point

Guys.. untuk berlayar menuju Pulau Tidung ada 2 tempat meeting point yaa, yaitu:

  • Dermaga Kali Adem (Muara Angke)

Dermaga Kali Adem berada di kawaan Muara Angke yah, patokannya dari Pasar Muara Angke lurus aja, nanti ketemu pos Pemadam Kebakaran dan Pos Polisi, dari situ kamu langsung belok kiri, sehabis belok kiri kamu tinggal ikutin jalan aja yah sampe mentok dan itulah Dermaga Kali Adem.

  • Dermaga 17 Marina Ancol

Nah jika kamu berangkat menggunakan kapal cepat (speedboat) titik meeting point kamu adalah di Dermaga 17 Marina Ancol. Dermaga 17 Marina Ancol letaknya di kawasan Ancol ya gaess.. rutenya dari gerbang utama Ancol, kamu lurus terus sampai ketemu persimpangan, lalu kamu ambil belok kanan, nah dari situ kamu tinggal ikutin jalan aja, nantinya kamu akan melewati pom bensin, masih lurus terus sampe mentok, disanalah letak dermaga 17 Marina Ancol

 

08:00 Berlayar Menuju Pulau Tidung

  • Kapal Via Dermaga Kali Adem

dengan kapal ferry via Dermaga Kali Adem, jarak tempuh perjalanan kamu menuju Pulau Tidung adalah 2,5 jam. di kapal ini fasilitas yang tersedia adalah sofa, kamar mandi, life jacket atau pelampung dan asuransi jasa raharja.

  • Speedboat (kapal cepat) via Dermaga 17 Marina Ancol

sedangkan jika kamu berlayar menggunakan speedboat (kapal cepat) jarak tempuh perjalanan menuju Pulau Tidung hanya 1 jam. fasilitas yang tersedia di speedboat adalah sofa, kamar mandi, life jacket atau pelampung, AC, Televisi dan Asuransi Jasa Raharja

 

Homestay atau Penginapan di Pulau Tidung

inilah contoh-contoh penginapan atau homestay yang kami kelola di Pulau Tidung, 1 penginapan/homestay kami bisa menampung 8-10 orang dengan fasilitas 1-2 kamar tidur, ruang tamu dengan tambahan kasur, 1-2 kamar mandi, Televisi, Dispenser, air mineral dan AC. jadi kami menjamin untuk istirahat kamu di Pulau Tidung terasa nyaman.

 

Menu Makan

Menu makan selama di Pulau Tidung adalah makanan khas Pulau Tidung seperti: sayur asam, ikan laut, sambal, krupuk ikan, ayam goreng, sayur sop, buah-buahan dan telur balado.

 

Snorkeling

udah siappp nyeburr?? hihihi … guyss aktifitas snorkeling merupan aktifitas yang ditunggu-tunggu para wisatawan, ketika snorkeling kamu bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Tidung, melihat karang yang warna-warni, ikan-ikan hias yang ngegemesyinn dan juga kamu bisa berfoto sepuasnya di bawah laut. Nah aktifitas snorkeling ini juga sangat aman yah gaes, karena kamu akan didampingi oleh guide atau pemandu yang sudah sangat berpengalaman. Jadi buat yang ga bisa berenang juga jangan khawatir yah, karena aktifitas kamu dalam bersnorkeling akan didampingi dengan baik dan professional.

 

Pantai Saung Cemara Kasih

Pantai Saung Cemara Kasih merupakan pantai yang sangat teduh loh gaess.. disana banyak sekali pohon-pohon kelapa dan saung-saung untuk bersantai. Nah untuk urusan pantai, Pantai ini merupakan pantai yang favorit di Pulau Tidung. Dipantai ini juga tempat matahari tenggelam gaess, jadi buat para penikmat sunset, mereka pasti kesini untuk menikmati matahari terbenam..

 

Bersepedah Keliling Pulau Tidung

Mengayun gowesan sepedah diiringi angin sepoi-sepoi, dengan view laut dan hijau pepohonan merupakan sesuatu yang mengasyikkan lohh, kamu akan menikmati suasana seperti ini di sepanjang jalan Pulau Tidung dan kamu juga bisa melihat kehidupan sehari-hari masyarakat Pulau Tidung yang sangat bersahaja..

 

Menikmati Matahari Terbenam (Sunset)

Menikmati sunset di pantai membuat hati dan pikiran menjadi tenang guyss, mimin merupakan salah satu orang yang suka banget sama moment ini hehehe jadi curcol deh tuh wkwkwk. banyak cara para wistawan untuk menikmati sunset itu sendiri, seperti dengan berfoto-foto ala siluet, memandang sunset sampai bercengkrama dengan teman-temannya.

 

Jembatan Cinta

Ini dia yang bernama Jembatan Cinta, jembatan yang menjadi icon atau khas dari Pulau Tidung. jembatan ini menyatukan 2 pulau loh gaess, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Jembatan Cinta merupakan jembatan yang panjang dan indah, disini kamu bisa lompat bebas ke laut lohh hehe, banyak sekali wisatawan yang loncat bebas dari jembatan ini. Nah pada malam hari Jembatan ini berubah menjadi tempat yang sangat romantis, saat lampu-lampunya mulai menyala ditambah sepoi-sepoi angin dan suara ombak, menjadikan banyak sekali pasangan yang menikmati suasana malam disana.

 

Barbeque di Pantai

Malam adalah waktu yang pas buat sharing-sharing dengan keluarga ataupun teman. Biar suasana semakin hangat, bagusnya ditambah dengan hidangan barbeque ikan laut yang segar-segar. Jadi membuat Qtime kamu semakin lama kan hihihi

 

Bermain Water Sport

Kalo kamu berlibur ke pulau, kayaknya kamu wajib main ini deh hehehe, permainan air ini bisa membuat liburan kamu lebih menyenangkan dan berkesan guyss, pkoknya keseruanya gak bisa dituliskan dengan kata-kata wkwkwk. Nah di Pulau Tidung kamu bisa bermain banyak water sport seperti Banana boat, Sofa boat, bed boat, jetsky dll, lengkap deh hihihi

 

Itulah penggambaran program liburan di Pulau Tidung selama 2 hari 1 malam. Gimana guyss, asyik bangetkann hiks..hiks.. Nah buat kamu yang mau berlibur ke Pulau Tidung, kamu bisa melakukan pembookingan tour disini yah..